Soal Kontekstual (Kehidupan Sehari-hari) Berkaitan dengan Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-siku
Nama : Hanna Kamila M. (17)
Kelas : X IPS 3
Tanggal : 25 Januari 2021
Kelas : X IPS 3
Tanggal : 25 Januari 2021
Soal Kontekstual (Kehidupan Sehari-hari) Berkaitan dengan Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-siku
1.
2. Pada segitiga ABC lancip, diketahui cos A = 4/5 dan sin B = 12/13 maka sin C = ...
a. 20/65
b. 36/65
c. 56/65
d. 60/65
e. 63/65
Pembahasan:
Jika cos A = 4/5, maka: sin A = 3/5 (didapat dari segitiga siku-siku berikut ini:
(cos= samping/miring, sin= depan/miring)
Maka, sin C = sin A . cos B + sin B . cos A
= 3/5 . 5/13 + 12/13 . 4/5
= 15/65 + 48/65
= 63/65 (E)
jawaban : E
3. Jika cos β = -1/2 √3 dan sudut β terletak pada kuadran II, maka tan β = ...
a. √3
b. 1/9 √3
c. 1/2
d. – 1/3 √3
e. -√3
Pembahasan:
Perhatikan segitiga siku-siku berikut ini:
Jika cos β = -1/2 √3 maka tan β = - 1/√3 (karena di kuadran II maka nilainya negatif) jangan lupa untuk merasionalkannya:
jawaban : D
4. Diberikan segitiga siku-siku ABC, siku-siku di ∠ABC. Jika Panjang sisi AB = 3 cm, BC = 4 cm. Tentukanlah sin A, cos C, dan tan A.
Penyelesaian:
Jika digambarkan maka segitiga diatas akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Kita harus mencari panjang sisi miring (AC) terlebih dahulu dengan menggunakan teorema phytagoras yakni :
• AC = √(AB2 + BC2)
AC = √(32 + 42)
AC = √25
AC = 5 cm
• sin A = sisi depan/sisi miring
sin A = BC/AC
sin A = 4/5
sin A = 0,8
• cos A = sisi samping/sisi miring
cos A = AB/AC
cos A = 3/5
cos A = 0,6
• tan A = sisi depan/sisi samping
tan A = BC/AB
tan A = 4/3
5. Seekor kelinci yang berada di lubang tanah tempat persembunyiannya melihat seekor elang yang sedang terbang dengan sudut 60°
18meter, maka tinggi elang dari atas tanah adalah......meter.
Jika dilihat dari gambar, sisi depan sudut
60°
Ditanyakan panjangnya dan sisi miring segitiga (hipotenusa) diketahui panjangnya. Dengan demikian, perbandingan trigonometri yang dapat digunakan adalah sinus, yakni :
• sin 60°= x/18
1/2 √3 = x/18
x = 18×1/2 √3
= 9√3
Jadi, tinggi elang dari atas tanah adalah
9√3 meter.
Diketahui seseorang yang berada di atas mercusuar dengan tinggi 45√3 meter sedang mengamati sebuah objek di bawahnya dengan jarak antara objek dan mercusuar sejauh 135meter. Sudut depresi yang terbentuk adalah....
=
Besar ∠ABC sama dengan sudut α∘ karena saling berseberangan.
Dengan menggunakan konsep tangen, diperoleh
• tan α°= 45√3 / 135
= 1/3√3⇒
α∘= 30°
Jadi, sudut depresi yang terbentuk adalah 30°
7. Seorang siswa akan mengukur tinggi pohon yang berjarak 4√3m dari dirinya. Antara mata dengan puncak pohon tersebut terbentuk sudut elevasi 30∘
Jika tinggi siswa tersebut terukur sampai mata adalah 1,6 berapakah tinggi pohon?
Dengan menggunakan konsep tangen, diperoleh
• tan 30° = x/4√3
x = 4√3 × tan 30∘
= 4√3× 1/3√3
= 4/3 x 3= 4m.
Tinggi pohon (t) didapat dari jumlah x dengan tinggi siswa (yang terhitung sampai mata), yaitu :
• t = 4+1,6
=5,6
Jadi, tinggi pohon tersebut adalah 5,6 meter.
8. Seorang anak yang memiliki tinggi badan 155 cm (terukur sampai ke mata) berdiri pada jarak 12 m dari tiang bendera. Ia melihat puncak tiang bendera dengan sudut elevasi 45∘. Tinggi tiang bendera itu adalah ⋯
• tan 45°= BC/AC
BC = AC × tan45°
BC = 12×1
= 12
Tinggi tiang bendera (t) adalah jumlah dari panjang BC dengan tinggi anak itu (yang terukur sampai mata), yaitu :
t= 12+1,55 = 13,55 m
Catatan:
• 155 ccm= 1,55m.
Jadi, tinggi tiang bendera tersebut adalah 13,55 meter.
Komentar
Posting Komentar